Sistem Produksi PT. Martina Berto Tbk.

Assamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.......


SEJARAH PERUSAHAAN

                                      

         Dr. HC Martha Tilaar merupakan pendiri dari perusahaan PT. Martina Berto Tbk. Perusahaan ni didirikan oleh ibu Martha Tilaar pada 1 Juni tahun 1977 dengan mitra usaha yakni bapak Bernard Pranata dan Ibu Theresia Harsini Setiady. Perusahaan ini sendiri umumnya memproduksi Barang kosmetik, Obat tradisional (jamu) dan juga Perawatan kecantikan. Adapun merk pertama yang di produksi dan dipasarkan adalah "Sari Ayu Martha Tilaar" sebagai kosmetik alami yang berkonsep holistik. Produk Sari Ayu Martha Tilaar selalu berkiblat kepada pendidikan dan layanan konsumen yang mudah diterapkan.
        Pendirinya yakni ibu Martha Tilaar merupakan lulusan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Jakarta, ia lantas khusus melanjutkan studi tentang Ilmu Kecantikan dan Perawatan Tubuh ke pusat kecantikan di Amerika dan Eropa. Dikarenakan ia memiliki minat yang kuat terhadap ramuan tumbuh-tumbuhan, ia lantas kembali ke Indonesia dan mulai bereksperimen mengembangkan jamu-jamuan serta berusaha menggabungkan pengembangan jamu-jamuan itu dengan teknologi kosmetika yang diperolehnya melalu berbagai sumber seperti The Academy Of beauty Culture di Bloomington USA dan keraton Mangkunegaran di Jawa Tengah.
        Pada tanggal 22 Desember 1981, PT Martina Berto Tbk, mendirikan pabrik modern pertama di Jalan Pulo Ayang, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Dan seiring berjalannya waktu, dengan sambutan pasar yang cukup tinggi, maka didirikanlah pabrik Ke-dua di Jl. Pulokambing II/I, Kawasan Industri Pulo Gadung dengan konsentrasi pada produk kosmetika kering, semi padat dan jamu.

Beberapa Produk-Produk yang di produksi di PT Martina Berto Tbk :
1. Sari Ayu, memproduksi kosmetik tradisional dan jamu.
2. Bella, Kosmetik Remaja.
3. PAC, Profesional artis kosmetik.
4. Oil Of Java, Aromatik Oil.
5. Martina, Jamu Indonesia.
6. Biokos/Caring , Perawatan kulit dewasa.
7. Berto/Smiling Tea, minuman.
8. Dewi Sri Spa, Produk perawatan tubuh.
9. Jamu Garden, produk Healthy dan body care.




Sistem Produksi PT. Martina Berto Tbk.




Inbound Logistic
1. Penerimaan Bahan Baku
    Perseroan melakukan sebuah pembelian bahan baku yang asalnya dari supplier internal dan eksternal. Bahan-bahan nabati sebagian adalah hasil budidaya tanaman di Kampoeng Djamoe Organik. Berikut ini data pasokan kelompok bahan baku yang didapat dari luar negri maupun dalam negri :
a) Bahan baku nabati : 100% dari tanaman dalam negri.
b) Bahan baku kimia : 97% dari luar negri dan sekitar 3% dari dalam negri.
c) Bahan baku kemas : sekitar 23% dari luar negri dan sekitar 77% dari dalam negri.

2. Pengendalian Kualitas 
    Pengendalian kualitas ini dilakukan oleh Departemen Pengawasan Mutu yang biasanya mengacu pada System Quality Assurance. Yakni mulai dari bahan bakunya, barang setengah jadi, produk jadi, sampai tahap pengiriman ke distributor.


Operations 
1. Proses Produksi
    mengolah bahan baku sedemikian rupa yang dilakukan tenaga produksi hingga menjadi produk yang siap dipasarkan. Proses ini mencakup beberapa aktivitas seperti : Penakaran, Pencampuran dan juga pengemasan. Setelah dikemas, jumlah produk kemudian di input.

2. Pengendalian Produk
    Martha Tilaar Inovation Center berkomitmen menghasilkan produk yang berkualitas untuk konsumen, oleh karena itu, ia melakukan pengendalian produk. Produk yang dikembangkan menggunakan bahan yang berkualitas dan juga aman bagi konsumen maupun lingkungan.


Outbond Logistic 
1. Distributor 
    Dalam hal ini, Perseroan pasti juga mengendalikan chanel distibusi ke pasar modern ataupun konvensional melalui Department Trade Marketing yang secara khusus ditata agar dapat melengkapi fungsi konsumen.

2. Branch Controller
    Bertugas memegang kendali tiap outlet yang tersebar di wilayahnya. fungsinya untuk memudahkan mengontrol dan memantau jumlah produk yang dipasarkan dan disebarkan.

3. Produk Display
    Produk yang digunakan sebagai tester/contoh kepada konsumen. biasanya dipajang di setiap outlet.


Marketing and Sales
1. Price : memberikan harga yang sesuai untuk kalangan ekonomi bawah hingga ekonomi atas.
2. Promotion : PT Martina Berto memproses produknya bisa dengan melalui pameran, iklan, website dan outlet tersendiri.
3. Diskon : memberikan potongan harga dalam acara tertentu dengan pembelian jumlah teretntu.


Service
  Di tiap Outlet Martha Tilaar group itu sendiri didukung oleh penasihat kecantikan yang ahli dibidangnya yang bisa memberikan konsultasi pada pelanggan tentang produk apa yang cocok untuk pelanggan itu sendiri.
     

Referensi : 

2.http://thesis.binus.ac.id/doc/bab3/2006-2-00851-mn-bab%203.pdf ( Diakses hari Kamis, 15 November 2018 jam 20:38 wib).

    


Comments

Popular Posts