Bauran Pemasaran 5P dan 7P

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.....

PENGERTIAN MARKETING MIX
           Marketing Mix atau biasa disebut Bauran Pemasaran ialah suatu strategi pemasaran/penjualan yang dilakukan dengan cara terpadu dengan menggabungkan beberapa elemen yang ada didalam marketing itu sendiri.
          Dengan adanya strategi marketing yang bagus, pasti akan mempengaruhi kesuksesan dari bisnis itu sendiri. Jadi artinya sebagus apapun barang yang akan ditawarkan kepada konsumen, akan tetapi tidak punya strategi dalam hal pemasarannya maka tetap saja akan sia-sia. Dan didalam kegiatan marketing, terdapat suatu konsep umum yang harus diketahui oleh para pebisnis salah satunya konsep marketing 5p dan 7p.Dan pada kesempatan kali ini, kita kan membahas sedikit apa itu konsep marketing 5p dan 7p dalam bauran pemasaran.


1. BAURAN PEMASARAN 5P

        5P merupakan sebuah taktik marketing atau pemasaran yang dapat digunakan dalam kombinasi yang berbeda-beda untuk mendapatkan kepuasan dari konsumen dalam menjalankan sebuah target market. Elemen-elemen yang ada pada 5P yaitu :

1. Produk

         Produk yang dimaksud disini adalah pada apa yang dijual, dan keuntungan apa yang didapat oleh konsumen dengan membeli produk yang kita perjual belikan, Dalam membuat produk barang atau jasa, pastikan produk itu merupakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen/masyarakat itu sendiri.

2. Price
         Price atau harga menjadi aspek yang sangat penting, karena biasanya konsumen akan mempertimbangkan harga terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk. Harga juga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi harga produk guna menarik pelanggan atau konsumen.

3. Promotion
        Promosi ialah kegiatan bisnis yang bertujuan agar konsumen bisa lebih mengenal dan tertarik dengan produk yang diperjual belikan, Aktivitas Promosi yang dapat digunakan untuk menarik para konsumen/ pelanggan ialah seperti iklan, Taktik penjualan promosi, penjualan secara langsung maupun penjualan secara online yang sedang berkembang sekarang ini.

4. Place
        Place itu sendiri adalah tempat dimana produk itu akan dilihat, dibuat, dijual, dan didistribusikan kepada para konsumen. Dan kita harus dapat memperhatikan lokasi yang cukup strategis dan mudah dikunjungi konsumen agar konsumen dapat dengan mudah menemukan kita. jadi bisa dibilang lokasi bisnis ialah kunci utama dari sebuah taktik marketing.

5. People
        People mengacu paa semua SDM (sumber daya manusia ) yang terlibat dalam bisnis termasuk para staf pekerja dan tim bisnis. juga diri kita sendiri. Hal ini sangat penting diperhatikan agar dapat membangun bisnis yang sukses. Ciptakan keuntungan bisnis dengan mencari atau mengandalkan orang yang tepat, dan memberikan pelatihan yang baik agar para karyawan atau pekerja dapat mengembangkan kemampuannya.


2. BAURAN PEMASARAN 7P

         Dengan adanya perkembangan keadaan pasar yang sudah dinamis ini menyebabkan konsep bauran pemasaran yang sudah ada kurang ekektif. Oleh karena itu, pengamat menambahkan beberapa poin dalam konsep tersebut. Sehingga muncullah Marketing mix atau marketing 7p.
         Konsep ini merupakan modifikasi dari 5p dengan menambahkan elemen bauran pemasaran yaitu Process dan Physical evidence. Dan bauran pemasaran 7p ini secara umum digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang jasa atau layanan. Berikut aspek -aspek yang ada pada bauran pemasaran 7p:

1. Produk
        Produk ini bisa dalam bentuk barang ataupun jasa/layanan. yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan juga harapan konsumen /masyarakat lainnya agar produk yang diperjual belikan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak.

2. Price
       Umumnya harga adalah nilai yang dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan sebuah produk baik itu barang maupun layanan jasa. Harga merupakan elemen yang sangat penting karena harga langsung berhubungan dengan penjualan, dan keseluruhan strategi pemasaran.

3. Place
      Place ini bisa dibilang upaya sebuah pemasaran untuk membuat produk berada dekat dengan konsumen pada sasaran yang tepat dan pada waktu yang tepat pula. Elemen place ini juga bisa dibilang bagaimana sebuah produksi bergerak menuju konsumen akhir dengan cara distribusi. jika tempat bisnis strategis, maka bisnis akan berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan kita mendapatkan keuntungan.

4. Promotion
      Merupakan suatu bauran pemasaran yang fungsinya meningkatkan penjualan melalui komunikasi pemasaran dengan cara memperkenalkan merk dan produk itu sendiri menggunakan aktivitas promosi seperti iklan, dll. Agar dapat menarik dan membuat konsumen melakukan pembelian.

5. People
     Elemen ini menekankan betapa pentingnya sebuah people (orang)  dalam proses pemasaran. Jika orang yang dipilih dan diangkat berkompeten dan baik dalam mengembangkan kemampuannya, maka bisnis itu sendiri akan berjalan lancar. People juga memiliki arti seluruh sumber daya manusia dalam perusahaan yang terlibat dalam proses pemasaran produk menuju konsumen akhir.

6. Process
    ialah bagaimana sistem dalam sebuah perusahaan melakukan eksekusi terhadap proses dari sebuah layanan/service.Dimulai dari proses pencarian, kemudian bagaimana mendapatkan produk tersebut, lalu bagaimana menggunakan produk itu hingga bagaimana proses mengirimkan produk. Jadi proses bisa dibilang sistem prosedur yang dibuat perusahaan untuk memastikan suatu bisnis berjalan dengan tepat.

7. Physical evidence
     Physical evidence ini sangat penting karena berpengaruh terhadap gambaran yang ada dalam pikiran konsumen. Seperti konsumen yang ingin memakai Bank, pasti ia lebih melihat layanan yang diberikan oleh bank itu sendiri. Seperti kemudahan mendapatkan mesin ATM dan memudahkan transaksi lainnya. jadi maksudnya bagian dari bukti fisik. Karakteristik perusahaan yang mempunyai karakter tersendiri membuat nilai tambah dari konsumen.

Referensi :
1. https://www.maxmanroe.com/pengertian-marketing-mix.html ( di akses pada hari kamis, 8 November 2018 jam 20:36 wib)
2. https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/ ( Diakses pada hari Kamis, 8 November 2018 jam 21:47 wib)
3. https://distribusipemasaran.com/bauran-pemasaran-selayang-pandang/ ( Di akses pada hari Kamis, 8 November 2018 jam 21:50 wib)




Comments