JENIS - JENIS BISNIS


PENGERTIAN BISNIS
        Sebelum kita masuk kedalam pembahasan jenis jenis bisnis, kalian tahu tidak apa itu Bisnis? Bisnis bisa diartikan suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dalam hal penjualan atau pembelian barang dan jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan juga memperoleh keuntungan. Kata Bisnis itu sendiri berasal dari bahasa inggris "business" yang artinya kesibukan. Kesibukan yang dimaksud  adalah suatu pekerjaan yang dapat memberikan sebuah keuntungan pada orang itu sendiri. 
        Jenis-Jenis Bisnis dibagi menjadi empat yaitu Pasar Monopsoni, Monopoli, Oligopsoni dan Oligopoli. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Jenis- Jenis Bisnis. Mulai dari pengertian, ciri-ciri dan contohnya.


1.  PASAR MONOPSONI
        
Pasar Monopsoni ialah jenis pasar dimana didalamnya hanya ada satu pembeli dan ia bisa dibilang menjadi pembeli tunggal. Dan pasar monopsoni adalah kebalikan dari pasar monopoli yang didalamnya dikuasai oleh satu penjual. Biasanya jenis pasar ini berada di daerah-daerah industri perkebunan dan ternak potong.


Contoh Pasar Monopsoni :
Pasar sayuran yang berada di daerah terpencil. Dikarenakan tempatnya yang berada di daerah terpencil, mereka pastinya akan mengalami kesulitan untuk menjual atau mendistribusikan ke tempat lain. Oleh sebab itu, mereka menjualnya ke pedagang atau pembeli yang ada di daerah itu secara borongan. Dengan demikian, seorang pedagang itu bisa dibilang menguasai pembelian sayuran di daerah itu.



Ciri-Ciri Pasar Monopsoni
Berikut ini adalah ciri-ciri dari pasar monopsoni yaitu: 

1)  Hanya terdapat satu pembeli saja.

2)  Pembeli yang menentukan harga.

3)  Biasanya barang yang diperjualbelikan barang mentah seperti sayur,daun teh, dan lain  sebagainya.

4)  Pendapatan yang tidak merata. Dimana pada pasar ini tidak jarang sekali terjadi ketidakadilan dalam penentuan harga yang dapat merugikan produsen dengan harga yang murah.

5)  Perselisihan yang sering terjadi antara penjual dan pembeli. 




2. PASAR MONOPOLI 

Pasar Monopoli merupakan bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar tersebut. Dan pada pasar inilah tidak ada pihak lain yang dapat menyainginya sehingga bisa dikatakan monopoli murni.


Contoh Pasar Monopoli :
Contoh dari pasar monopoli yaitu seperti Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Kereta Api, dan lain-lain. Namun yang sudah disebutkan tadi tidak benar-benar bersifat monopoli akan tetapi itu merupakan perusahaan yang hampir mendekati monopoli, karena yang benar-benar bersifat monopoli itu sulit ditemukan.


Ciri-Ciri Pasar Monopoli 
Pasar monopoli mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1)  Hanya terdapat satu penjual.

2)  Dalam pasar monopoli hanya ada satu produk dan barang itu tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.

3)  Biasanya dalam pasar monopoli perusahaan tidak perlu melakukan promosi dalam memasarkan suatu produk. 

4)  Pada pasar monopoli, penjual atau perusahaan dapat menentukan harga barang sesuai keinginannya. 




3. PASAR OLIGOPSONI

Pasar Oligopsoni ialah suatu bentuk pasar dengan banyak penjual, namun didalamnya hanya terdapat dua atau lebih pembeli. Pasar oligopsoni ini bisa dikatakan salah satu pasar persaingan tidak sempurna, yaitu dikarenakan pasarnya yang belum terorganisir dengan baik dan masih sering menimbulkan ketidakadilan di dalam pasar.


Contoh Pasar Oligopsoni :
Pasar kentang. Petani kentang di suatu daerah dapat menjual atau mendistribusikan kentang ke beberapa pedagang di daerahnya untuk dijual lagi ke kota. Dari contoh itu terlihat hanya ada beberapa pembeli, tapi petani kentang ada banyak jumlahnya.


Ciri-Ciri Pasar Oligopsoni  
 Adapun ciri - ciri pasar oligopsoni adalah :

1)  Terdapat banyak penjual dan beberapa pembeli.

2)  Pada pasar ini, pembeli adalah distributor. Mereka biasanya membeli produk dari produsen untuk dijual kembali ke konsumen akhir.

3)  Harga produk pada pasar ini cenderung stabil. Hal ini dikarenakan pembeli dan penjual sama-sama memiliki keterkaitan atau ketergantungan terhadap barang tersebut.

4)  Pendapatan yang merata karena di pasar itu tidak terjadi monopoli atau penentuan semena-mena. 




4. PASAR OLIGOPOLI

Pasar Oligopoli itu sendiri adalah suatu jenis pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual dengan banyak pembeli dipasar. 


Contoh Pasar Oligopoli :
Seperti industri rokok, industri semen, industri mobil, jasa penerbangan dan lain sebagainya.


Ciri-Ciri Pasar Oligopoli : 

1)  Dikuasai oleh beberapa produsen saja dengan memiliki banyak pembeli di pasar. 

2)  Produk yang diperjualbelikan bersifat homogen namun berbeda corak. Contohnya seperti telepon seluler dengan ragam teknologi dan tampilan.

3)  Masing - masing penjual bersaing dengan ketat melalui promosi besar-besaran.

4)  Harga barang satu penjual dengan penjual yang lain cenderung sama.

5)  Di pasar ini, terdapat produsen yang berkuasa diantara yang lainnya.







 Referensi :

1. https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html ( Diakses hari Kamis, 4 Oktober 2018 jam 20:15 wib).
2. https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-monopsoni.html ( Diakses hari Kamis, 4 oktober 2018 jam 21:16 wib).
3.  http://www.infodanpengertian.com/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopsoni# (Diakses hari Kamis, 4 Oktober 2018 jam 21:29 wib).
5. https://www.kitapunya.net/2015/08/pengertian-ciri-ciri-dan-contoh-pasar-monopoli.html ( Diakses hari Kamis, 4 Oktober 2018 jam 23:19 wib).
6. https://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html       ( Diakses hari Kamis, 4 Oktober 2018 jam 23:51 wib).
7.  http://bahasekonomi.blogspot.com/2018/05/pengertian-pasar-oligopsoni-ciri-ciri.html ( Diakses hari Jum'at 5 Oktober 2018 jam 20:40 wib).
 8. https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-oligopsoni.html ( Diakses hari Jum'at, 5 Oktober 2018 jam 20:44 wib).
9. https://www.studiobelajar.com/pasar-oligopoli/ ( Diakses hari Jum'at, 5 Oktober 2018 jam 21:52 wib).












  


 

     







Comments

Popular Posts