PERTUMBUHAN EKONOMI

Pertumbuhan Ekonomi
Related image


        Pertumbuhan Ekonomi itu sendiri merupakan proses perubahan kondisi perekonomian dari suatu negara yang secara berkesinambungan menuju pada keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan Ekonomi juga dapat dikatakan menunjukan pertumbuhan produksi barang dan jasa di suatu wilayah perekonomian dalam selang waktu tertentu. 

Berikut ini adalah beberapa Kebijakan-Kebijakan yang diperlukan guna membangun atau meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi yaitu :
1.) Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
       Dalam hal meningkatkan pertumbuhan perekonomian, Sumber Daya Manusia sangat berperan penting pada kesuksesan pertumbuhan ekonomi suatu negara, dengan diperlukan adanya SDM yang handal dan juga kompeten dibidangnya. Dan agar mendapatkan atau mewujudkan SDM yang berkualitas dengan keahlian yang mumpuni diperlukan adanya kebijakan dari Pemerintah dalam membangun sebuah balai kerja. Dengan contoh kebijakan pemerintah yang mengeluarkan anggaran negara untuk pendidikan setiap tahunnya, meningkatkan kualitas para pengajar serta penyesuaian sekolah dengan kebutuhan industri. Hal tersebut dilakukan pemerintah agar dapat mewujudkan suatu sumber daya manusia yang kompeten dan juga berkualitas nanti dibidangnya, serta mempunyai keahlian atau skill yang berkualitas dalam mengelola SDA secara tepat.

2.) Pengendalian Sumber Daya Alam (SDA)
       Sebuah sumber daya alam bisa dikatakan suatu Anugrah dari Tuhan yang dititipkan kepada kita agar mengelolanya dengan baik dan benar. Dan bisa dibilang kemakmuran negara dapat dilihat dan bergantung pada sumber daya alam yang ada di negara tersebut, karena dapat memberikan keuntungan dan kemakmuran bagi mayaraat jika dikelola secara tepat. Oleh karena itu, diperlukan adanya kebijakan pemerintah dalam memanajemen sumber daya alam itu agar hal tersebut dapat diolah secara baik dan maksimal dan tidak di eksploitasi secara berlebihan.

3.) Memperbaiki Pembangunan Infrastruktur
     Infrastruktur dalam hal ini sangat berperan penting dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Karena dengan adanya infrastruktur yang bagus dan mudah dijangkau maka bukan tidak mungkin negara tersebut dapat menumbuhkan perekonomiannya dengan banyaknya investor asing yang berinvestasi atau menanamkan modalnya bahkan dapat menarik wisatawan asing ke negara tersebut. Maka dari itu diperlukan kebijakan dari pemerintah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur secara menyeluruh di suatu negara seperti Indonesia. Seperti Infrastruktur jalan, teknologi dan informasi, akses kesehatan dan juga kebersihan yang nyaman bagi para masyarakat.
            
      Adapun contoh Sektornya yaitu Sektor Pariwisata. Sektor Pariwisata seperti di Indonesia memberikan kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi ditambah dengan Sumber daya alam yang bagus dan berlimpah serta memiliki tempat-tempat yang menarik dan bersejarah untuk dikunjungi bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Dan dalam hal ini pasti pemerintah ikut campur tangan dalam hal mendukung perbaikan daya saing Pariwisata negara Indonesia.
    Pemerintah berperan dalam mengeluakan kebijakan guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi di sektor Pariwisata. Diantaranya kebijakan pemerintah dalam Program Pembebasan Visa Gratis bagi warga suatu negara tertentu untuk dapat menarik lebih banyak turis asing. Kemudian meningkatkan Promosi di luar negri dengan slogan Wonderful Indonesia, serta juga kebijakan Pembangunan berbagai Infrastruktur konektivitas ke daerah destinasi wisata, seperti Infrastruktur Jalan dan juga Teknologi dan Komunikasi yang canggih dan memadai agar para wisatawan dapat menggunakan perkembangan teknologi dengan baik. hal itu dilakukan pemerintah secara tak langsung untuk meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan mensejahterakan masyarakat dalam dalam hal pariwisata. 



Referensi :



Comments

Popular Posts