jenis-jenis KerjaSama Bisnis

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.....

Didalam jenis jenis kerjasama bisnis sebenarnya terbagi menjadi 5 jenis, akan tetapi pada kesempatan kali ini hanya akan membahas 2 jenis yaitu tentang Joint Venture dan Waralaba.

A. JOINT VENTURE

1. PENGERTIAN JOINT VENTURE
        Apa itu yang dimaksud dengan Joint Venture? Join venture itu sendiri bisa diartikan sebuah kerja sama antara beberapa perusahaan dari berbagai negara untuk mewujudkan tujuan yang telah mereka sepakati bersama.

     Dimana dalam hal kepengurusannya, Joint venture dipimpin oleh Dewan Direktur. Dewan Direktur ini dipilih oleh para pemegang saham. Dan pendirian perusahaan gabungan ini harus mempunyai bentuk hukum Perseroan Terbatas atau yang biasa dikenal dengan sebutan PT.

2. JENIS-JENIS JOINT VENTURE 
Terdapat 2 jenis Joint venture yaitu :

  • Joint Venture Domestik, yaitu merupakan bentuk kerja sama yang dijalin antar perusahaan dalam negri. jadi, kerja sama yang dijalani masih sesama perusahaan di dalam negri. 
  • Joint Venture Internasional, adalah bentuk kerja sama dimana melibatkan perusahaan asing sebagai salah satu pihak.
3. CONTOH DARI JOINT VENTURE
Contoh dari Joint Venture yaitu seperti Perusahaan LG Philips Components. Merupakan Joint Venture antara Perusahaan LG dengan Philips. Contoh selain itu yaitu Sony Ericsson, merupakan Joint venture antara perusahaan Sony dengan Ericsson.




B. WARALABA

1. PENGERTIAN WARALABA
Definisi Waralaba itu sendiri ialah suatu pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir. Dimana si pemilik merek memberikan hak kepada perusahaan atau orang untuk melaksanakan bisnis itu dengan merek, nama, sistem dan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu.
Pewaralabaan terbagi atas 2 segmen yaitu :

  1. Franchisor ( Pemberi Waralaba ) , adalah suatu badan usaha atau orang yang memberikan hak kepada pihak lain untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual dan penemuan atau ciri khas lainnya. Bisa dibilang franchisor ini sebagai pemilik merek, dimana ialah yang mempunyai konsep, merek dan juga produk. 
  2. Franchisee ( Penerima Waralaba ), merupakan badan usaha atau perorangan yang mendapatkan hak untuk memproduksi konsep dari franchisor, yang sebelumnya franchise ini sudah terikat kontrak yang telah disepakati. Franchise mempunyai 2 kewajiban finansial yakni membayar Fanchise Fee dan royalti fee.

2. JENIS JENIS WARALABA 
Adapun jenis-jenis waralaba dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Waralaba Luar negri adalah waralaba yang berasal dari luar negri. Jenis Waralaba ini cenderung banyak disukai atau diminati karena sistemnya yang jelas. Merek produknya pun lebih diterima di masyarakat dunia. Contohnya seperti : Mcdonald's , Starbucks, dan lain sebagainya.
  2. Waralaba Dalam Negri, merupakan Waralaba yang berasal dari dalam negri. Jenis ini menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang yang ingin menjadi pengusaha tetapi masih kurang akan pengetahuan mengenai piranti awal dan kelanjutan usaha ini disediakan oleh pemilik waralaba.
   
3. CONTOH DARI WARALABA
Di Indonesia sendiri saat ini waralaba sedang berkembang dan juga masih sangat menguntungkan. Misalnya dibidang makanan seperti : CFC, Sapo oriental, Wong Solo.
Sedangkan, yang bentuknya seperti mini outlet contohnya itu seperti : Alfamart, Indomaret, dan masih banyak lagi. Waralaba seperti ini juga sudah menyebar ke pelosok daerah. 





referensi :

1.https://www.temukanpengertian.com/2016/02/pengertian-joint-venture.html ( Diakses pada hari Jum'at, 19 Oktober pukul 17:30 wib).
2. https://akuntanonline.com/pengertian-joint-venture-kelebihan-dan-kekurangannya/ ( Diakses pada hari Jum'at, 19 Oktober 2018 pukul 17:47 wib).
3. http://www.pengertianku.net/2015/08/pengertian-waralaba-dan-contohnya.html ( Diakses pada hari Jum'at, 19 Oktober 2018 pukul 18:24 wib).
4. https://direktoribisnis.net/pengertian-waralaba-atau-franchise ( Diakses pada hari Jum'at, 19 Oktober pukul 18 :29 wib).


       

Comments

Popular Posts